Sunday, February 2, 2014

Apa Itu Lagu Flac ?

12:37 AM


             Kali ini kita bahas mengenai flac :D

             Dulu aku dengar - dengar dari bisikan tetangga, tentang lagu yang bertipe atau berekstensi flac. Saat itu aku lagi pengen beli album asli (sampe sekarang belum kesampean) lalu di beri info tentang flac yang katanya bagus dan jernih. Akhirnya aku coba cari - cari info. Tapi entah kenapa dulu aku lupa dan baru ingat tadi malam -_-. Di dasari bingung mau ngenet apa, tiba2 otak memutar memori tentang flac, akhirnya saya cari dan berhasil! yeee~
           Lalu, Apa itu lagu Flac?
           Flac (Free Lossless Audio Codec) adalah format berkas kompres audio yang lossless. Artinya audio tidak di kompres banyak. Seperti layaknya .mp3 yang biasa kita punya, perbedaanya mp3 adalah lossy (di kompres banyak) sehingga membuat audio mp3 lebih buruk kualitasnya. Kompres audio dari flac ini hanya mengurangi 30%-50% dari suara rekaman asli (kalo mp3 banyak banget kompresnya)
           Tentunya dengan kualitas yang bagus power kuat ini dibarengi dengan ukuran file yang besar. 1 lagu bisa 20-40 Mb, bandingkan dengan mp3 yang rata2 hanya 3-6 Mb, namanya ada ukuran ada kualitas, haha.
            Flac dikembangkan oleh perusahaan non profit xiph.org. Untuk websitenya klik disini. Flac ini setelah di komparasi merupakan audio format terbaik kedua (setelah Wav tentunya) ini adalah perbandingan menurut kompresnya dengan audio format yang lain :



Dan fllac ini memang merupakan lossless paling tenar diantara yang lain karena beberapa kelebihan :
1. Lossless terbaik dari format lainnya
2. Compatible dengan banyak pemutar musik
3. Support di banyak sistem operasi (Windows, Linux, Mac OS, Solaris, dan banyak lagi)
4. Codec/ pengkompresnya open source

Untuk contoh lagunya silakan download di posting lain ya, disini
Terimakasih :D



Written by

Silakan bagi sobat blogger yang ingin menyalin ilmu diatas, lebih baik lagi jika di beri sumber hehe, dan terimakasih telah mampir di blog ini. Semoga membantu :)

15 coretan:

  1. wah kalau pakai ini 1gb cuman dapat 20an lagu memory dah habis yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mas, tapi kalo pengen denger musik yang keren dan tentunya di tunjang hardware bagus, bisa jadi pilihan :)

      Delete
  2. Lalu bagaimana dengan format .wma ? Apakah lebih bagus dari .mp3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pribadi belum pernah mengamati sound WMA. tapi dari yang pernah saya baca wma hampir sama dengan mp3 namun yang mengembangkan adlah windows, dan wma sepertinya memiliki bitrate yang jangkauan nya lebih jauh daripada mp3 :D

      Delete
  3. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    ReplyDelete
  4. wah posting keren nih (y)

    http://gratisan-pol.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. oh ada juga format seperti itu, baru tau saya.

    ReplyDelete
  6. thank ya kak saya jadi tahu dan menambah wawasan baru saya...

    ReplyDelete
  7. standard convert lagu flac yang bagus berapa sih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana ya? jadi flac itu bentuk kompresi dari suara asli yang berekstensi .wav flac termasuk yang paling sedikit dikompresi, satu lagu bisa macam2 tergantung lagu dan mesin kompresinya, untuk lagu 3 menit minimal belasan MB bahkan ada yang sampe 30

      Delete
  8. Replies
    1. halo, wah terimakasih, ada rencana nih tahun ini mau balik lagi, tunggu saja ya, semoga jadi :D

      Delete
  9. mampir di koleksi flac ane gan http://onlybestflac.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Silakan komentar, saya sangat membutuhkan kritik dan saran :)

 

© 2013 Bass & Musik. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top